RSS

Model Pembelajaran Guided Teaching


Pengertian Model  Pembelajaran Guided Teaching
Pembelajaran Guided Teaching adalah pembelajaran yang diawali dengan beberapa pertanyaan yang diberikan oleh guru kepada siswa. Guru menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang mempunyai beberapa kemungkinan jawaban. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman atau kemampuan siswa, kemudian guru membuat hipotesa atau kesimpulan dan membuat beberapa kategori.
Dengan demikian Model pembelajaran Guided Teaching merupakan rangkaian penyampaian materi ajar yang diawali dari suatu pertanyaan yang dijadikan dasar menyampaikan materi berikutnya.
Langkah-langkah Pembelajaran Guided Teaching
 1. Sampaikan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui pikiran atau kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Gunakan pertanyaan-pertanyaan yang mempunyai beberapa kemungkinan jawaban.
2.  Berikan waktu beberapa menit kepada siswa untuk menjawab pertanyaan. Anjurkan kepada mereka untuk bekerja berdua atau dalam kelompok kecil.
3. Mintalah siswa utnuk menyampaikan hasil jawaban mereka dan catat jawaban-jawaban yang mereka sampaikan. Jika memungkinkan tulis dipapan tulis dengan mengelompokkan jawaban amereka dalam kategori yang nantinya akan anda sampaikan dalam pembelajaran.
4. Sampaikan poin-poin utama dari materianda dengan ceramah yang interaktif.
5.  Mintalah kepada siswa untuk membandingkan jawaban mereka dengan poin-poin yangtelah anda sampaikan. Catat poin-poin yang dapat memperlua s bahasan materi anda.
6.   Buatlah kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
7.  Penutup. 
Kelebihan Model  Pembelajaran Guided Teaching
1. Dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebab pembelajaran diawali dengan beberapa pertanyaan.
2.   Melatih siswa berfikir untuk menjawab pertanyaan secara benar.
3.Dapat meningkatkan kerjasama siswa, karena dalam belajar dibentuk kelompok-kelompok kecil.

Kekurangan Model  Pembelajaran Guided Teaching
  1. Kadang-kadang terjadi kelarutan dalam pertanyaan sehingga materi yang akan diajarkan kurang tersampaik dengan baik.  
  2. Lebih mengutamakan pembandingan dari materi daripada penyampaian pesan
        materi yang akan disampaikan.
Demikian pembahasan pembelajaran model Guided Teaching, mudah-mudahan dapat diterapkan di kelas bapak/ibu guru untuk lebih mengaktifkan kegiatan pembelajaran. Semoga bermanfaat.
Sumber :
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar