Pengertian Model Pembelajaran Guided Teaching
Pembelajaran Guided
Teaching adalah pembelajaran yang diawali dengan beberapa pertanyaan yang
diberikan oleh guru kepada siswa. Guru menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang
mempunyai beberapa kemungkinan jawaban. Pertanyaan ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat pemahaman atau kemampuan siswa, kemudian guru membuat
hipotesa atau kesimpulan dan membuat beberapa kategori.
Dengan demikian
Model pembelajaran Guided Teaching merupakan rangkaian penyampaian materi ajar
yang diawali dari suatu pertanyaan yang dijadikan dasar menyampaikan materi
berikutnya.
Langkah-langkah Pembelajaran Guided Teaching
1. Sampaikan beberapa pertanyaan kepada siswa
untuk mengetahui pikiran atau kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Gunakan
pertanyaan-pertanyaan yang mempunyai beberapa kemungkinan jawaban.
2. Berikan waktu beberapa menit kepada siswa
untuk menjawab pertanyaan. Anjurkan kepada mereka untuk bekerja berdua atau
dalam kelompok kecil.
3. Mintalah siswa utnuk menyampaikan hasil
jawaban mereka dan catat jawaban-jawaban yang mereka sampaikan. Jika
memungkinkan tulis dipapan tulis dengan mengelompokkan jawaban amereka dalam
kategori yang nantinya akan anda sampaikan dalam pembelajaran.
4. Sampaikan poin-poin utama dari materianda
dengan ceramah yang interaktif.
5. Mintalah kepada siswa untuk membandingkan
jawaban mereka dengan poin-poin yangtelah anda sampaikan. Catat poin-poin yang
dapat memperlua s bahasan materi anda.
6. Buatlah kesimpulan dari kegiatan pembelajaran
yang telah dilalui.
7. Penutup.
Kelebihan Model Pembelajaran Guided Teaching
1. Dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
sebab pembelajaran diawali dengan beberapa pertanyaan.
2. Melatih siswa berfikir untuk menjawab
pertanyaan secara benar.
3.Dapat meningkatkan kerjasama siswa, karena
dalam belajar dibentuk kelompok-kelompok kecil.
Kekurangan Model Pembelajaran Guided Teaching
- Kadang-kadang terjadi kelarutan dalam pertanyaan sehingga materi yang akan diajarkan kurang tersampaik dengan baik.
- Lebih mengutamakan pembandingan dari materi daripada penyampaian pesan
Demikian pembahasan pembelajaran model Guided Teaching, mudah-mudahan dapat
diterapkan di kelas bapak/ibu guru untuk lebih mengaktifkan kegiatan
pembelajaran. Semoga bermanfaat.
Sumber :
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan
: Media Persada.
0 komentar:
Posting Komentar